Minggu, 18 September 2011

Istana Cipanas Jadi Ikon Wisata

Kecamatan Cipanas sering disebut-sebut sebagai ikon wisata kabupaten Cianjur. Tempatnya yang sejuk dan penduduknya yang ramah, maupun turis lokal maupun domestic betah berlama-lama tinggal di kecamatan yang memiliki banyak tempat wisata maupun hiburan ini. Demikian dikemukakan Sekretaris camat/Sekmat Cipanas, Ahmad Riyadi, diruang kerjanya belum lama ini.

Menurutnya, ada tiga objek wisata unggulan yang terletak di Kecamatan Cipanas, diantaranya Istana Presiden Cipanas, Kebun Raya Cipanas dan Kota Bunga Nusantara.

Khususnya Istana Presiden menurutnya telah dibuka secara umum sejak pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono /SBY. Dengan dibukanya Istana Kepresidenan Cipanas tentu saja bertujuan untuk pembelajaran masyarakat. Maka dari itu, dibuka untuk masyarakat umum, tapi biasanya dibuka bagi pengunjung yang datang berkelompok.

Istana yang dibangun pada tahun 1740 Vanhauts ini memiliki luas 26 Ha, pemanadangan disekitar istana yang ditumbuhi sayur-sayuran, buah-buahan, serta tanaman hias memberi nuansa asri. Pemandanagan luas dari rumput dan vinus yang bertebaran dihalaman belakang, membuat istana ini kian asri dan nyaman. Istana megah yang dibangun 1740 ini dapat dikunjungi umum dengan ijin khusus sekretaris Negara.
Beberapa bangunan yang terdapat di dalam komplek ini antara lain Pavilion Yudisthira, Pavilion Bima dan Pavilion Arjuna yang dibangun secara bertahap pada tahun 1916. Penanaman ini dilakukan setelah Indonesia merdeka, oleh Presiden Soekarno dibagian belakang agak keutara ada gedung bentol yang dibangun pada 1954 sedangkan dua bangunan terbaru yang dibangun pada 1983 adalah Pavilion Nakula dan Pavilion Sadewa.

Setiap ruangan diisi perangkat meubel ukiran Jepara dan lukisan-lukisan karya maestro, seperti Basuki Abdullah, Sudjojono dan Lee Man Kong. Sedangkan bangunan-bangunan pavilion masing-masing diberi nama tokoh-tokoh pewayangan. Beberapa pavilion baru selesai dibangun 1916 dan ada dua yang terbaru dibangun pada 1984. Keseluruhan bangunan tampak begitu mewah dan artistik. Dibagian belakang istana ada kolam air mancur bergaris tengah 27 meter dan menjadikan komplek Istana Cipanas menjadi sarana wisata sejarah yang menyenangkan karena terdapat benda-benda peninggalan Presiden Indonesia terdahulu.
Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar